Contoh Soal Dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SBMPTN 2019


Contoh Soal Dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Indonesia - Berikut ini adalah contoh soal Bahasa Indonesia untuk latihan SBMPTN 2019. Ini merupakan lanjutan soal dari e-book Simulasi 1 SBMPTN yang di dapat pada situs www.gudangebook.web.id.

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA SMK SBMPTN


Teks untuk nomor 1-5. 
(1) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan kurikulum baru yang diterapkan di sebagian sekolah tahun ini sangat diminati pengelola pendidikan. (2) Buktinya beberapa ada sekolah di Indonesia yang bersedia membiayai sendiri untuk penerapan kurikulum baru ini. (3) Mereka hanya minta pendampingan dan panduan kepada Kemendikbud. 
(4) Jumlah lembaga pendidikan di Indonesia yang ditunjuk Kemendikbud untuk menerapkan kurikulum baru ini pada tahun pelajaran 2013- 2014 sebanyak 6.500 lembaga pendidikan dari mulai tingkat SD hingga SMA. (5) Akan tetapi, jumlah lembaga pendidikan yang sebenarnya menerapkan kurikulum itu justru jauh lebih banyak dari yang ditetapkan kemendikbud itu. (6) Karena pada praktiknya, kurikulum yang baru kita terapkan ini lebih menarik dibanding kurikulum lama. (7) Pada kurikulum baru ini berbasis karakter bukan kompetensi. 
(8) Pada kurikulum sebelumnya siswa bersifat pasif dan guru paling aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. (9) Namun, pada kurikulum yang baru itu, anak didik justru dituntut lebih aktif. (10) Misalnya, setiap anak diminta untuk berdiri di depan teman-temannya untuk saling memperkenalkan diri. (11) Sementara itu, guru lebih menempatkan diri sebagai pengarah dan pembimbing kegiatan siswa. (12) Jadi, sifatnya lebih dinamis, lebih bisa dinikmati, baik oleh siswa maupun oleh guru sendiri. (Dikutip dari Kompas. com) 

1. Manakah gagasan utama paragraf ke-3? 
(A) Pada kurikulum sebelumnya siswa bersifat pasif dan guru paling aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. 
(B) Pada kurikulum yang baru itu, anak didik justru dituntut lebih aktif. 
(C) Guru lebih menempatkan diri sebagai pengarah dan pembimbing kegiatan siswa. 
(D) Kegiatan pembelajaran bersifat dinamis. 
(E) Guru dan siswa menikmati proses pembelajaran yang berlangsung.

2. Manakah pertanyaan yang sesuai dengan paragraf ke-2? 
(A) Apa keunggulan kurikulum yang baru dibandingkan dengan kurikulum yang lama? 
(B) Apa peran guru pada pelaksanaan kurikulum yang baru ini? 
(C) Apa perbedaan kurikulum yang baru diterapkan ini dengan kurikulum yang lama? 
(D) Siapakah yang mencanangkan penerapan kurikulum baru pada tahun ajaran 2013-2014?
(E) Bagaimanakah kondisi sekolah yang melaksanakan kurikulum yang baru ini? 

3. Apakah simpulan dari teks bacaan di atas? 
(A) Keberhasilan penerapan kurikulum baru 
(B) Kurikulum baru jauh lebih baik dari kurikulum sebelumnya 
(C) Kurikulum baru berhasil menarik minat guru dan lembaga pendidikan. 
(D) Masyarakat sangat mendukung diterapkannya kurikulum baru untuk mengganti kurikulum lama 
(E) Antusiasme pengelola pendidikan terhadap kurikulum baru. 

4. Kata itu pada kalimat ke-5 merujuk pada…. 
(A) Kurikulum baru dan lembaga pendidikan 
(B) Lembaga pendidikan dan kurikulum baru 
(C) Kemendikbud dan lembaga pendidikan 
(D) Kurikulum baru dan Mohammad Nuh 
(E) Mohammad Nuh dan lembaga pendidikan 

5. Rangkuman yang tepat untuk teks di atas adalah…. 
(A) Kurikulum baru yang diterapkan di sebagian sekolah tahun ini sangat diminati pengelola pendidikan karena berbasis karakter bukan kompetensi dan anak didik dituntut lebih aktif.
(B) Kurikulim baru yang diterapkan di sebagian sekolah tahun ini sangat diminati pengelola pendidikan karena banyak sekolah yang menerapkan. 
(C) Kurikulum baru yang tidak hanya diterapkan oleh sekolah yang ditunjuk, tetapi juga sekolah yang tidak ditunjuk oleh Kemendikbud. 
(D) Kurikulum yang berbasis karakter dan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. 
(E) Banyaknya lembaga pendidikan yang berminat menerapkan kurikulum baru ini karena lebih menarik daripada kurikulum yang lama. 

6. Seseorang akan mengembangkan karya ilmiah dengan tema pembiasaan tertib berlalu lintas. Berdasarkan tema tersebut kerangka karangan yang tepat menurut pola paragraf deduktif adalah…. 
(A) Manfaat pembiasaan tertib berlalu lintas, pentingnya pembiasaan tertib berlalu lintas, sasaran pembiasaan tertib berlalu lintas, bentuk pembiasaan tertib berlalu lintas, langkah pembiasaan tertib berlalu lintas. 
(B) Manfaat pembiasaan tertib berlalu lintas, pentingnya pembiasaan tertib berlalu lintas, bentuk pembiasaan tertib berlalu lintas, sasaran pembiasaan tertib berlalu lintas, langkah pembiasaan tertib berlalu lintas. 
(C) Pentingnya pembiasaan tertib berlalu lintas, manfaat pembiasaan tertib berlalu lintas, langkah pembiasaan tertib berlalu lintas, bentuk pembiasaan tertib berlalu lintas, sasaran pembiasaan tertib berlalu lintas,. 
(D) Pentingnya pembiasaan tertib berlalu lintas, manfaat pembiasaan tertib berlalu lintas, bentuk pembiasaan tertib berlalu lintas, sasaran pembiasaan tertib berlalu lintas, langkah pembiasaan tertib berlalu lintas. 
(E) Bentuk pembiasaan tertib berlalu lintas, sasaran pembiasaan tertib berlalu lintas, langkah pembiasaan tertib berlalu lintas, pentingnya pembiasaan tertib berlalu lintas, manfaaf pembiasaan tertib berlalu lintas. 

7. 1) Gas rumah kaca menjadi aktor utama dalam isu perubahan iklim. 2) Konsentrasi gas itu menentukan seberapa parah persoalan perubahan iklim. 3) Para ilmuwan terus mengembangkan sistem pengukuran gas rumah kaca secara langsung. 4) Pengukuran dengan mengonversi jenis permukaan pengemisi gas memiliki banyak kelemahan karena sifat permukaan-daratan, air, dan pepohonan dengan berbagai jenisnya amat variatif dengan variabel yang juga variatif. 5)Dalam isu perubahan iklim, skema perdagangan karbon menjadi salah satu cara yang ditempuh banyak negara pengemisi gas rumah kaca (GRK) untuk mengurangi jejak karbon (car-bon footprint) mereka. Kalimat topik pada paragraf di atas adalah…. 
(A) 1           (C) 3           (E) 5 
(B) 2           (D) 4 

8. Kotagede ternyata ….. dikenal sebagai kota tua dengan tebaran gedung bergaya mataram saja, melainkan …. budaya dan kesenian juga dapat dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tercermin dari …. warga dalam menggelar Pekan Wisata Budaya Kotagede. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…. 
(A) tidak hanya, warisan, antusiasme 
(B) sangat, peninggalan, kebersamaan 
(C) sekarang ini, warisan, gotong royong 
(D) juga, memiliki, watak 
(E) daerah, peninggalan, kegiatan 

Teks untuk nomor 9-11 
Dalam RAPBN 2013 pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur sebesar Rp 188,4 triliun. Angka tersebut meningkat Rp13,5 triliun atau tumbuh 7% dari alokasi APBN 2012. Meskipun anggaran infrastruktur meningkat, namun masih di bawah pertumbuhan belanja susbsidi energi meningkat 35,8%. Belanja pegawai juga meningkat. Meningkatnya anggaran infrastruktur penting bagi perekonomian. Penyerapan belanja infrastruktur yang signifikan akan mendorong pertumbuhan infestasi. Selanjutnya, pertumbuhan infestasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam konteks ekonomi makro, infrastruktur merupakan roda penggerak perekonomian. Dalam konteks ekonomi mikro, ketersediaan dan kualitas layanan infrastruktur ekonomi dapat mengurangi biaya produksi. 

9. Perbaikan ejaan yang tidak tepat untuk paragraf di atas adalah…. 
(A) pemberian tanda koma setelah “dalam RAPBN 2013” 
(B) peulisan rupiah (Rp) tanpa spasi 
(C) mengganti kata “namun” dengan akan “tetapi” 
(D) tanda koma setelah kata “selanjutnya" dihilangkan 
(E) menggati kata “infestasi” dengan “investasi” 

10. Pernyataan yang tepat tentang kedua gagasan pada kedua paragraf di atas adalah…. 
(A) Paragraf pertama memaparkan tentang infrastruktur secara umum dan paragraf kedua memaparkan infrastruktur secara khusus. 
(B) Paragraf pertama memaparkan anggaran infrastruktur dan paragraf kedua memaparkan manfaat infrastruktur dalam perekonomian. 
(C) Paragraf pertama memaparkan anggaran infrastruktur yang meningkat dan paragraf kedua memaparkan akibat dari peningkatan tersebut. 
(D) Paragraf pertama memaparkan kekurangan anggaran infrastruktur dan paragraf kedua memaparkan dampaknya pada perekonomian. 
(E) Paragraf pertama memaparkan anggaran infrastruktur dan paragraf kedua memaparkan pentingnya anggaran infrastruktur dalam perekonomian. 

11. Mengapa meningkatnya anggaran infrastruktur penting bagi perekonomian? 
(A) Berdampak langsung pada peningkatan kegiatan perekonomian. 
(B) Mengurangi biaya produksi dalam ke�giatan perekonomian. 
(C) Mendorong pertumbuhan ekonomi 
(D) Melancarkan kegiatan distribusi 
(E) Meningkatkan kualitas perekonomian 

Teks untuk nomor 12-15 
1) Ponsel pintar Iphone bikinan Apple biasanya selalu menjadi langganan posisi puncak dalam survei-survei kepuasan konsumen. 2) Namun, belakangan ini agaknya tren tersebut sudah mulai berubah. 3) Seperti dilansir Forbes, menurut survei American Costumer Satisfaction Index (ACSI) yang mempelajari model smartphone secara individu, 4) Iphone telah tergusur oleh model-model perangkat Android buatan Samsung. 5)Posisi pertama dan kedua dalam ranking ACSI kini diduduki oleh Galaxy SIII dan Galaxy Note II yang mengumpulkan skor 84 pada skala 100. 6)Sementara itu, Iphone 5, Iphone 4s, Iphone 4 menduduki rangking ketiga, keempat, dan kelima dengan skor 82, 82, dan 81.

12. Kesalahan ejaan ditemukan pada kalimat…. 
(A) 1 dan 2           (D) 5 dan 6 
(B) 2 dan 3           (E) 3 dan 6 
(C) 1 dan 4 


13. Kalimat yang tidak efektif ditemukan pada kalimat…. 
(A) 1           (C) 3           (E) 5 
(B) 2           (D) 4 

14. Penulisan teks bertujuan agar pembaca…. 
(A) Membandingkan produk-produk smartphone yang beredar dipasaran 
(B) Mempunyai gambaran pertimbangan untuk memilih produk smartphone 
(C) Membeli produk yang mempunyai rangking terbaik 
(D) Menyadari adanya persaingan produk produk smartphone 
(E) Menyimpulkan bahwa hasil survei tersebut juga sesuai dengan kondisi di Indonesia 

15. Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah…. 
(A) Produk Apple secara keseluruhan memiliki rata-rata skor yang relatif sama dengan produk Samsung . 
(B) Produk Blackberry lebih menarik dari pada produk Motorola. 
(C) Produk Apple lebih umggul dari pada produk Samsung. 
(D) Produk Motorola menjadi produk yang diminati kelas menengah. 
(E) Semua produk smartphone memiliki skor yang masing-masing tidak jauh berbeda.

Komentar


  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Economic Definition

Contoh Soal Dan Kunci Jawaban KKPI Kelas XI

Impact of Digital Marketing on Business